Langsung ke konten utama

Cara Berternak Lebah Madu

cara berternak lebah maduCara berternak lebah madu – Akhir-akhir ini budidaya lebah madu semakin diminati banyak orang. Banyaknya orang yang mengetahui khasiat madu membuat permintaan akan madu menjadi semakin bertambah. Jika anda tertarik untuk melakukan usaha, budidaya lebah madu ini bisa menjadi peluang yang cukup menjanjikan. Nah berikut akan kita bahas mengenai cara berternak lebah madu.

Cara berternak lebah madu:

1. Peratalan ternak lebah madu
a. Kotak yang terbuat dari kayu suren atau mahoni sebagai tempat koloni lebah madu
b. Sisiran yang terbuat dari rangka kayu yang bagian tengahnya diberi kawat sebagai landasan sarang lebah madu
c. Pengungkit sisiran
d. Sikat sisiran
e. Frame royal jelly
f. Pollen trap
g. Ekstraktor untuk panen lebah madu

2. Kandang lebah madu
Di dalam sebuah kandang diberi beberapa frame sebagai tempat membuat sarang lebah. Pembuatan frame ini bertujuan untuk memudahkan saat pengambilan madu.
Supaya lebah madu dapat berkembang dengan baik maka penempatan kandangnya pun juga perlu diperhatikan. Tempatkan lebah madu pada lahan yang terbuka dan jauh dari keramaian. Sedangkan glodok dapat di tempatkan di sisi rumah. Tempatkan kandang lebah di bawah sinar matahari, sedangkan glodok bisa ditempatkan di sebelah timur rumah.

3. Pemilihan bibit lebah madu
a. Mempunyai ratu lebah yang berusia 3 bulan sampai 1 tahun dan memiliki fisik yang bagus
b. Telur yang dihasilkan ratu lebah berjumlah banyak dan berkualitas
c. Larva lebah yang dihasilkan lebih besar
d. Lebah biasanya lebih agresif
e. Hasil panen lebih banyak

4. Membuat calon ratu lebah
Ambil larva lebah madu yang baru menetas dan berusia 1 hari. Masukkan ke dalam satu potong frame royal jelly. Masukkan frame royal jelly pada kotak yang berisi koloni lebah madu minimal 2 tingkat. Beri sekat kotak super lebah madu dengan posisi ratu lebah di kotak bawah dan frame royal jelly yang berisi calon ratu diletakkan di atasnya. Diamkan sampai calon ratu lebah menjadi kepompong atau sekitar 11 hari. Pindahkan calon ratu tersebut pada kotak yang berisi koloni lebah yang tidak ada ratunya. Dalam waktu 13 hari calon ratu lebah keluar dari kepompong dan langsung diangkat menjadi ratu lebah oleh koloni lebah tersebut.

5. Memperbanyak koloni lebah madu
Gembalakan lebah madu pada tempat yang tersedia makanan cukup banyak. Tersedianya makanan yang cukup banyak membuat ratu lebah dapat menghasilkan banyak telur dan lebah pekerja akan lebih giat membuat sarang baru.

Nah itulah sedikit informasi mengenai cara berternak lebah madu. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Budidaya Tanaman Pucuk Merah

Budidaya tanaman pucuk merah bisa menjadi peluang yang cukup menjajikan, karena akhir-akhir ini permintaan akan tanaman tersebut. Banyak orang yang memanfaatkan tanaman pucuk merah sebagai tanaman hias. Selain itu, tanaman pucuk merah juga sering digunakan untuk menghijaukan sejumlah kawasan. Daun yang rimbun, pucuknya yng berwarna kemerah-merahan membuat tanaman ini sangat menarik untuk dijadikan hiasan. Selain indah dan menarik, tanaman ini juga berfungsi untuk mengurangi polusi. Cara budidaya tanaman pucuk merah: 1. Mengembangbiakkan tanaman pucuk merah (pembibitan) Tanaman pucuk merah dikembangbiakkan dengan cara distek (memanfaatkan potongan-potongan bagian tumbuhan untu ditanam dan menghasilkan tanaman baru). Caranya yaitu: a. Potong batang tanaman puscuk merah dengan panjang 10-15 cm b. Sisakan beberapa daun pada batang tersebut (daun yang disisakan pada batang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar) c. Berikan cairan atau bubuk perangsang tumbuhnya akar

Kelebihan dan Kekurangan Pertanian Organik

Kelebihan dan kekurangan pertanian organik – Pertanian organik adalah sistem budidaya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami serta menghindari penggunaan bahan kimia sintetis. Salah satu tujuan dari pertanian organik ini adalah untuk menyediakan produk pertanian yang aman bagi kesehatan produsen dan konsumen serta menjaga keseimbangan lingkungan dengan menjaga siklus alaminya. Pertanian organik mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Nah, apa saja kelebihan dan kekurangan tersebut? Berikut kita akan membahasnya. Kelebihan dan kekurangan pertanian organik Beberapa kelebihan pertanian organik antara lain sebagai berikut: 1. Tidak menggunakan pupuk maupun pestisida kimia sehingga lebih aman bagi lingkungan (tidak menyebabkan pencemaran lingkungan). 2. Menghasilkan produk pertanian yang bergizi dan aman bagi kesehatan. 3. Menjaga produktivitas pertanian dalam jangka panjang serta menjaga kelestarian alam dan lingkungan. 4. Produk pertanian organik mempuya

Cara Budidaya Mentimun

Mentimun atau timun merupakan salah satu buah yang digemari masyarakat. Buah yang memiliki rasa netral ini mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Mengingat mentimun mengandung banyak manfaat dan banyak digemari oleh masyarakat, tidak ada salahnya kan kalau anda mencoba untuk melakukan budidaya mentimun. Nah, berikut adalah uraian tentang cara budidaya mentimun.   Cara budidaya mentimun: 1. Persiapan lahan Lahan dibersihkan dari rumput dan tanaman pengganggu lainnya kemudian digemburkan. Buat bedengan-bedengan pada lahan tersebut dengan ukuran lebatr 100 cm, tinggi 25-40 cm, panjang disesuaikan dengan panjang lahan dan jarak antar bedengan 30 cm. Buat lubang tanam pada bedengan dengan ukuran 50 x 60 cm. 2. Persiapan bibit Bibit bisa ana peroleh dengan cara menyemaikan benih mentimun sendiri maupun dengan cara membeli langsung pada penjual bibit tanaman tersebut. 3. Penanaman Tanam bibit mentimun pada setiap lubang yang telah anda buat pad